Siapa yang menguasai data, dia bakal menguasai dunia..
 
Data  merupakan suatu elemen yang penting terutama pada perusahaan yang ingin berhasil bersaing dengan lawan-lawannya. Degnan data perusahaan bisa mengetahui kondisi produk/ jasa yang digunakan, internal, eksternal dan lain sebagainya.

Contoh perusahaan yang cukup sukses pada bisnis yakni perusahaan IT google dan facebook, Google sebgai mesin pencari yang sudah populer bagi masyarakat awalnya dengan mengumpulkan web-web yang ada dunia, dan pengguna internet yang ingin mencari suatu informasi dari suatu web tidak perlu mengetikkan alamat web, pengguna cukup mengetik kata kunci, seketika google akan memberikkan list dari kata kunci yang diketikkan, cukup mudah,simpel

Lambat laun pengunjung google semakin banyak, web banyak tertarik ingin mendaftarkan alamatnya di google. Semakin lama google semakin besar..

dengan traffic google maka google mulai memasang iklan atau dikenal dengan google adwords, dan juga menampilkan menampilkan web tertentu dengan google adsense. dengan kata kunci tertentu web yang diiklankan akan ditampilkan di list yang paling pertama,, disitu salah satu bisnis dari google.. selanjutnya google mengakuisi youtube, dan di youtube juga memasang iklan  di setiap video. Demi mendapat pengunjung yang akurat misal pengunjung yang suka olahraga google hanya menampilkan iklan yang berhubungan dengan olahraga.

Bagaimana google bisa mengetahui pengunjung yang menyukai olahraga. Google hanya melihat aktivitasnya di google mulai dari google search sampai youtube berdasarkan keyword yang diketikkan. Google juga mengintegrasikan bisnisnya satu sama lain dengan account (email).

Untuk google Masih banyak lagi seperti android, google maps dan lain sebagainya.
 
Bagaimana dengan facebook. Facebook menggunakan data untuk bisnis. facebook juga melayani jasa iklan. Facebook menjamin iklan yang tertarget. Bagaiamana tidak facebook mempunyai data profil kita, umur,jenis kelamin alamat, pekerjaan, kesukaan, sekolah dan lain sebagainya.. Misal ketika pengiklan ingin iklannya hanya ditampilkan untuk pengguna berusia 17- 25 tahun dengan jenis kelamin perempuan dan beralamat di Jakarta. Dengan mudah facebook bisa menampilkannya dengan data yang ada tangannya
 
Begitulah kira-kira bisnis dara yang ada sekarang. Mungkin di masa yang akan datang, data akan lebih spesifik bisa dilihat,, Setiap aktivitas kita akan dilacak dan akan dijadikan data.. Bukan tidak mungkin ..

Post a Comment

Previous Post Next Post